MARWAN JAFAR
Indonesia

Marwan Jafar adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 2014-2016 pada Kabinet Kerja Jokowi-JK. Ia merupakan menteri pertama yang meletakkan pondasi bagi Kemendesa atau KDPDTT sejak nomenklaturnya diresmikan.

Sebelumnya, MJ (sapaan akrabnya) pernah menjabat anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ia pertamakali terpilih menjadi anggota DPR pada pemilu 2004 saat usianya baru 33 tahun. Kemudian, dua pemilu berikutnya 2009 dan 2014, ia terpilih kembali mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah III.

Kini, MJ dipercaya sebagai Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB. Jabatan ini diberikan karena MJ dinilai memiliki kapasitas, kepiawaian, kecerdasan serta energi yang luar biasa untuk mewujudkan kejayaan partai di ajang kompetisi pemilu maupun Pilkada.

Baca Selengkapnya

Kolom

Komunikasi Politik Marwan Jafar

Official : on 14 Maret 2017
Komunikasi Politik Marwan Jafar

Cover Buku: Komunikasi Politik Marwan Jafar

Dari waktu ke waktu, dari generasi ke generasi, muncul banyak definisi tentang “politik”. Marwan Jafar menjadikan definisi klasik versi Aristoteles, yang mengatakan “Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama”, sebagai dasar dirinya terjun sebagai politisi. Dan, untuk mewujudkan kebaikan bersama itulah, perlu ada komunikasi politik yang benar, baik, santun, dan cerdas melalui berbagai sarana. Diantaranya, melalui media massa.

Politik melahirkan pemikiran yang jernih, berwawasan, dan menghasilkan karya nyata yang ujungnya menjadi amalan sholihan. Itulah yang kita pelajari dari sejarah. Dari sejumlah tokoh di seluruh dunia, di negeri ini. Kita bisa melihat bagaimana K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, Soekarno, K.H. Agus Salim, HOS Cokroaminoto, Bung Hatta, M.H. Thamrin, K.H. Abdurrahman Wahid, dan tokoh-tokoh lain di eranya, yang tampil menjadi pemimpin, bukan karena pencitraan dan politik kemasan untuk dijual, tetapi mereka tampil untuk memberikan kebaikan. Kebaikan yang dirasakan langsung oleh masyarakat dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Buku ini meberikan gambaran tentang tindakan nyata dari perjuangan politik baik di bidang politik, ekonomi, internasional, maupun sosial budaya berdasarkan wacana yang sedang berkembang selama periode Marwan Jafar menjadi kader partai politik dan wakil rakyat. Pembaca akan mendapatkan banyak pencerahan, pengalaman, dan lesson learned yang dituturkan secara mengalir dan enak dibaca.

Marwan Jafar adalah pria sederhana asal kota Pati-Jawa Tengah. Ia terdidik dari orang tua dan lingkungan pesantren yang berbasis ahlu sunnah wal jamaah. Berguru pada ulama karismatik, K.H. M.A. Sahal Mahfudh. Derap langkahnya sebagai aktivis saat bangku kuliah, sebagai konsultan, dan enterpreneur, menjadi modal ia berkiprah di dunia politik dan sebagai wakil rakyat selama dua periode, menjadi Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) serta sebagai Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB).

 

Simpan

Simpan

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT