MARWAN JAFAR
Indonesia

Marwan Jafar adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 2014-2016 pada Kabinet Kerja Jokowi-JK. Ia merupakan menteri pertama yang meletakkan pondasi bagi Kemendesa atau KDPDTT sejak nomenklaturnya diresmikan.

Sebelumnya, MJ (sapaan akrabnya) pernah menjabat anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ia pertamakali terpilih menjadi anggota DPR pada pemilu 2004 saat usianya baru 33 tahun. Kemudian, dua pemilu berikutnya 2009 dan 2014, ia terpilih kembali mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah III.

Kini, MJ dipercaya sebagai Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB. Jabatan ini diberikan karena MJ dinilai memiliki kapasitas, kepiawaian, kecerdasan serta energi yang luar biasa untuk mewujudkan kejayaan partai di ajang kompetisi pemilu maupun Pilkada.

Baca Selengkapnya

Sinopsis Buku
Caleg, PKB 2019
Berita

Buka Rekrutmen Caleg, PKB: Tak Ada Pungutan 1 Sen Pun

Official : on 14 Juni 2017

MarwanJafar.com, Jakarta – PKB membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR dan DPRD di Pemilu 2019. Ada uang pendaftarannya?

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB Marwan Jafar mengatakan pendaftar wajib mengisi formulir dan menyerahkan CV lalu PKB akan melakukan survei. Dia menyebut tidak ada biaya yang dipungut dari pendaftar.

“Tidak sama sekali, jadi silakan terbuka nggak ada pungutan biaya satu sen pun,” kata Marwan saat jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Marwan mengatakan PKB membuka pintu seluas-luasnya bagi warga dari berbagai profesi yang hendak mendaftar. Selain itu, ada pula mekanisme internal yaitu usulan nama-nama dari ketua wilayah di dapil.

Keterwakilana perempuan juga diperhatikan karena itu merupakan salah satu pasal yang dibahas di RUU Pemilu. Survei menjadi salah satu alat bagi PKB untuk menyeleksi pendaftar caleg.

“Kami juga punya target bahwa PKB punya target masuk 3 besar seperti tahun 1999, 2004. PKB masuk 3 besar dengan target 100 kursi. Target itu ada dan kami pernah mencapai di posisi 3 besar,” papar mantan Menteri Desa dan PDT ini.

Untuk mencapai target itu, Marwan mengatakan macam-macam cara sudah diupayakan. Lembaga Pemenangan Pemilu juga terus konsolidasi.

“Kita optimis target itu dipenuhi,” pungkasnya. (imk/bag/Detik)

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT